Trik Tepat Beli Ruko Dijual untuk Investasi yang Menguntungkan

Seringkali mungkin Anda tertarik untuk membeli ruko dijual untuk sarana investasi. Anda bisa menyewakannya untuk mendapatkan untung dalam jangka waktu yang panjang. Bisa juga digunakan sendiri untuk memulai usaha Anda. Hanya saja, Anda harus benar-benar bisa memilih ruko yang tepat untuk digunakan dalam sebuah investasi yang menguntungkan.

Jika tidak, bukannya untung yang Anda dapat, malah mungkin kerugian. Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan saat membeli sebuah ruko untuk investasi. Hal-hal ini benar-benar harus Anda teliti untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam usaha Anda. Lalu, sebenarnya bagaimana trik yang tepat dalam membeli ruko untuk sebuah investasi?

1. Perhatikan Lokasi

Salah satu hal yang paling penting dan harus Anda perhatikan saat membeli sebuah ruko adalah memperhatikan lokasi berdirinya ruko tersebut. Anda harus memilih ruko yang memiliki lokasi strategis agar investasi Anda menghasilkan keuntungan. Misalnya saja Anda membeli ruko di dalam sebuah perumahan.

Ada baiknya Anda memilih ruko yang ada di dalam perumahan yang sudah berpenghuni. Ini memungkinkan ruko yang Anda miliki akan dikunjungi banyak orang. Pilihlah ruko yang ada di blok yang banyak dilalui orang. Meski harganya lebih mahal ketimbang ruko di dalam perumahan blok lainnya, namun posisi ini lebih hidup.

Selain itu, Anda juga bisa lebih mudah memperkirakan dagangan apa yang akan Anda jual atau bisa lebih mudah juga mencari penyewa ruko tersebut. Namun, bila Anda memilih membeli ruko dijual yang ada di luar perumahan, ini jauh lebih baik. Pilihlah ruko yang ada di jalan yang arus lalu lintasnya ramai dan dekat dengan banyak tempat penting.

Lihat apakah potensi tempat tersebut akan dikunjungi banyak orang atau tidak dan apakah bisa dimasuki kendaraan umum dan pribadi. Dengan begitu, kemungkinan ruko Anda dikunjungi lebih banyak orang jadi lebih besar. Anda juga bisa menemukan penyewa ruko lebih mudah.

Namun ingat, patokan Anda dalam memilih lokasi ini tidak mentok pada keramaian atau banyaknya kendaraan yang lewat saja. Anda juga harus memastikan kebutuhan apa yang kira-kira paling diperlukan orang di kawasan itu dan lokasi mana yang membuat orang nyaman untuk singgah. Misalnya saja bukan di tengah tikungan tajam yang menyulitkan.

2. Keamanan adalah Hal yang Penting

Selain menentukan lokasi, Anda juga harus memastikan bahwa lokasi dari ruko yang Anda pilih aman. Keamanan adalah hal yang penting yang harus Anda lakukan jika ingin usaha Anda terus berjalan. Tempat yang tidak aman tidak akan dikunjungi orang-orang. Begitu juga dengan penyewa. Tak ada yang akan menyewa ruko Anda bila tempatnya tak aman.

Tapi, keamanan bukan hanya soal kejahatan dan kriminalitas saja. Ada hal lain yang perlu Anda simak. Misalnya saja mengenai gempa dan banjir. Sebuah ruko yang terletak di tempat yang rawan gempa dan banjir pastinya tidak sulit berkembang. Investasi di tempat seperti ini pastinya sulit menghasilkan keuntungan yang berlipat.

Para penyewa juga pasti berpikir ulang bila ingin menyewa ruko yang berada di wilayah seperti ini. Untuk itulah Anda harus mencermati keamanan dari tempat investasi Anda ini. Bila pun tempat tersebut memang berada di kota yang rawan banjir dan gempa, maka Anda harus mengantisipasi segala hal yang mungkin membuat investasi ruko Anda memburuk.

3. Harga yang Sesuai

Hal lain yang harus Anda perhatikan saat membeli ruko dijual adalah harga. Harga yang wajar pastinya membuat Anda lebih mudah mengembangkan usaha. Untuk mengetahui apakah harga dari ruko yang Anda beli wajar atau tidak, Anda bisa membandingkannya dengan harga ruko sekelas di kawasan yang sama.

Tidak ada salahnya juga Anda menghubungi broker properti untuk membantu Anda dalam menentukan harga pasar di ruko yang akan Anda beli. Ini bisa dilakukan bila Anda kesulitan dalam menentukan harga yang pas. Setelah Anda menemukan harga yang tepat dan sesuai dengan lingkungan sekitar, barulah putuskan untuk membeli ruko tersebut.

Barulah setelah itu Anda bisa menentukan tarif sewa bila Anda berniat menyewakannya. Biasanya, harga normal dari sewa sebuah ruko adalah 8% dari nilai jual ruko tersebut. Jadi, semisalnya Anda membeli ruko dengan harga 1 miliar rupiah, tak ada salahnya Anda menyewakan ruko tersebut dengan nilai 80 hingga 90 juta per tahunnya.

Namun, bila Anda tertarik untuk menggunakan ruko tersebut sendiri, maka hal ini tak perlu Anda pikirkan. Anda boleh mengabaikannya dan mulai memikirkan usaha apa yang cocok untuk Anda lakukan di tempat tersebut.

Sudah tahukan seperti apa trik yang tepat dalam membeli ruko dijual untuk investasi yang menguntungkan? Banyak hal yang perlu Anda perhatikan. Selain beberapa hal di atas, sebaiknya Anda juga memastikan legaslitas ruko tersebut. Tujuannya, untuk menghindari berbagai masalah yang bisa terjadi di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *