Tips Memilih Kursi Tamu Minimalis untuk Ruang Tamu Sempit

Pilihan kursi tamu mencerminkan pribadi pemilik rumah, baik dari segi keuangan maupun keterampilan memadu-padankan interior rumah. Kursi tamu yang sesuai untuk ruang tamu sempit, tidak hanya harus menitikberatkan ukuran. Melainkan desain yang apik dan kenyamanan bagi tamu yang berkunjung ke rumah Anda. Melalui tips memilih kursi tamu minimalis yang akan dibahas di sini, Anda akan mendapatkan segalanya.

1. Menyesuaikan Dengan Ukuran Dan Tema Ruang Tamu

Ukuran kursi tamu minimalis harus proporsional dengan ruang tamu. Untuk modelnya, pilih kursi tamu yang tidak memiliki banyak motif, agar terkesan simpel dan sederhana. Model demikian memberi ilusi lapang dalam ruangan. Model kursi ruang tamu yang akan Anda gunakan nantinya, mesti sesuai dengan konsep interior ruang tamu. Konsep ruang tamu tradisional, tentu saja tidak sesuai dikobinasikan dengan kursi minimalis modern.

2. Melihat Material Kursi Tamu

Kursi tamu dibuat dari bermacam-macam material. Mulai dari logam dengan lapisan busa dan kain, rangka kayu, hingga kayu utuh. Material kayu memberikan kesan natural yang hangat pada furnitur. Kenali jenis-jenis kayu yang digunakan jika Anda memilih perabotan dari material tersebut.

Kayu jati unggul dalam kekuatan, ketahanan, dan tekstur yang khas. Soal harga, pastinya material kayu jati lebih mahal dibandingkan kayu jenis lain. Konstruksi kayu juga harus diperhatikan, apakah kayu yang digunakan utuh atau sambungan. Kayu utuh lebih mahal karena finishing yang rapi tanpa garis, berbeda dengan kayu sambungan.

Untuk kursi tamu jenis rangka kayu atau logam dengan busa, material lapisan luar harus diberi perhatian. Pilihlah corak dan warna yang senada dengan tema warna ruang tamu. Kerapian jahitan kain dan kekuatan bahan juga harus Anda periksa, untuk memastikan kursi tamu tahan lama.

3. Mengetes kenyamanan kursi tamu

Pada sebagian rumah, kursi tamu tak hanya digunakan untuk menerima tamu. Melainkan juga untuk aktivitas penghuni rumah sendiri. Maka kenyamanan kursi sangat penting. Kursi dengan desain yang cantik, harus sejalan dengan kenyamanan yang ditawarkan. Sebaiknya Anda jangan mengabaikan kenyamanan demi mendapatkan kursi dengan desain artistik saja. Banyak pilihan desain yang bagus sekaligus nyaman diduduki.

Kursi yang nyaman tidak membuat badan terasa nyeri, ketika diduduki dalam masa yang sebentar. Setidaknya Anda perlu meluangkan waktu 10 hingga 15 menit untuk menguji kenyamanan kursi dengan cara mendudukinya. Apabila selama itu Anda tidak merasa harus berpindah posisi, maka kursi yang dicoba, sudah teruji kenyamanannya.

4. Mengutamakan kebutuhan

Sebenarnya, kebutuhan merupakan pertimbangan pertama dalam membeli kursi tamu. Apabila Anda menggabungkan ruang tamu dengan ruang keluarga, ada baiknya memilih kursi tamu yang tahan lama. Setelah melihat daya tahannya, barulah beralih ke model dan desain. Untuk pemakaian dalam waktu yang lama, pilihlah kursi dengan desain everlasting, yang tidak termakan waktu meski tren berganti.

5. Menyesuaikan harga dengan kualitas

Menyesuaikan harga perabotan dengan bujet yang dimiliki merupakan langkah bijak sebelum membeli. Harga barang yang mahal tak selalu menjamin kualitas yang baik. Produk kualitas bagus dengan harga terjangkau, bisa Anda temukan dengan sedikit kejelian. Rajin-rajinlah melakukan perbandingan produk antara satu toko dengan toko yang lain, untuk mendapatkan harga terbaik bagi kursi idaman Anda.

6. Desain custom bisa menjadi pilihan

Mungkin membeli kursi tamu yang sudah ada di toko terlalu biasa untuk Anda. Tips memilih kursi tamu minimalis yang terakhir yaitu desain custom. Selain mendapatkan sentuhan pribadi Anda, desain custom memungkinkan memberi ukuran dan corak yang benar-benar pas dengan ketersediaan ruang. Soal harga, bisa jadi lebih rendah jika Anda meniru model kursi tamu mahal dengan material yang lebih murah.

Memilih kursi tamu minimalis, sangat penting untuk dilakukan, agar Anda mendapatkan barang yang tidak mengecewakan. Tips memilih kursi tamu minimalis ini semoga dapat membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *