5 Judul Lagu dari Grup Band Indonesia yang Populer Pas Agustusan

Siapa bilang lagu-lagu grup band Indonesia selalu berisi lirik-lirik melo bin syahdu? Memang benar, kalau versi ini hampir selalu mampu membuat banyak orang ikut menitikkan air mata hanya dengan mendengarnya saja. Tapi bukan berarti mereka tidak mampu berinovasi untuk pindah ke genre lainnya ya.

Saat 17 Agustus, kamu mungkin pernah mendengar lagu nasionalis lain selain lagu 17 Agustus, Garuda Pancasila, dan Maju Tak Gentar.

  • Untuk Indonesia

Lagu ini dipopulerkan oleh grup band lintas gender yang masih tergolong baru, yaitu GAC. Menurut Gamaliel, Audrey, dan Cantika yang merupakan personel grup band GAC, lagu ini merupakan lagu tersulit yang pernah mereka buat. Kesulitan ini mungkin dikarenakan beban untuk menghasilkan lagu penyemangat terbaik.

Akan tetapi, keinginan yang kuat untuk mempersembahkan lagu yang menunjukkan kecintaan mereka terhadap Indonesia, maka akhirnya jadilah lagu ini. Sesuai dengan judulnya, lagu ini memang diperuntukkan pada (masyarakat) Indonesia.

  • Satu Indonesia

Sebagai salah satu grup band beraliran rock, Kotak memang selalu menyajikan lagu dengan aransemen yang bisa dinikmat sambil jingkrak-jingkrak. Tapi untuk lagu yang liriknya mengandung semangat Indonesia seperti Satu Indonesia ini, dijamin kamu akan menyadari pentingnya bersatu untuk mewujudkan Indonesia yang solid.

  • Garuda di Dadaku

Kamu pasti tidak asing dengan lagu ini bukan? Ya, mulanya lagu yang dibawakan oleh slah satu grup band Indonesia populer, yaitu Netral ini memang dibuat sebagai soundtrack film bertema sepak bola. Tujuannya adalah untuk menyemangati atlit sepak bola dalam film dengan judul yang sama.

Namun akhirnya, karena semangat yang sangat kuat terpancar dari lagu ini, maka mulai sering digunakan untuk menyemarakkan acara Agustusan dan kompetisi olahraga. Iramanya yang rancak atau cepat ini memang cocok untuk dijadikan penyemangat tim olahraga sepak bola dan olaraga lainnya, termasuk pejuang panjat pinang.

Ada juga lagu nasionalisme dengan judul senada, yaitu ‘Di Mata Sang Garuda’. Lagu ini dipopulerkan oleh grup band Pee Wee Gaskins. Isinya tidak jauh beda dengan ‘Garuda di Dadaku’, sama-sama menjadi penyemangat bagi yang mendengarannya. Kamu juga ikut semangat kalau mendengarnya, semangat belajar, semangat bantu orang tua, dan lainnya.

  • Jadilah Legenda

Lagu ini dipopulerkan grup band asal Bali yang kerap membawakan lagu seperti Iwan Fals, berisi kritik sosial. Tapi pada lagu ini, pure berisi harapan dan semangat untuk Indonesai agar mampu bertahan di tengah banyaknya permasalahan yang menghimpit.

Masalah di berbagai aspek kehidupan ini meliputi ekonomi, sosial, budaya, agama, politik, dan lainnya. Harapannya, Indonesia bisa menghadapi semua masalah dan menjadi legenda. Lagu lainnya dengan nada sama, yaitu Indonesiaku, dipopulerkan oleh Lyla. Grup band yang digawangi Naga sebagai vokalisnya ini ikut menyemangati Indonesia melalui lagunya.

  • Bendera

Lagu yang dipopulerkan Cokelat dan ciptaan dari salah satu pentolan Grup Badan Sheila ion 7, yaitu Eros ini paling sering dinyanyikan saat upacara kemerdekaaan. Selain liriknya mengena, aransemennya yang bersemangat dianggap cocok untuk dijadikan lagu mars kebangsaan.

Selain ‘Bendera’, lagu bertema nasionalisme lainnya yang dibawa Cokelat ini yaitu ‘Garuda’. Single ini baru saja dirilis 11 Juli 2017 lalu dan langsung ikut memeriahkan HUT RI ke-72. Grup band ini getol menyerukan aksi ‘Garuda Banget’ sehingga pemuda Indonesia bangga pada tanah airnya.

Nah, untuk kamu yang mengaku cinta Indonesia, hapalkan lagu-lagu nasionalis dan kekinian dari kelima grup band Indonesia tersebut. Jangan lupa pula untuk menghayati isinya supaya bisa dijadikan penghayatan untuk lebih mencintai dan menanamkan semangat dan kebanggaan diri karena telah menjadi salah satu bagian dari tanah air. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *